Cerita Konyol : Mama dan Segala Nama Barang-barangnya

Gue sebenernya dari dulu pengeeenn banget nyeritain satu sisi kekonyolan dari sifat mama gue. Gimana nggak gue sebut konyol coba? Sifat mama yang satu ini selalu aja bikin gue heboh di kampus,, di kelas gue lebih tepatnya. Temen2 gue selalu ketawa-ketawa kalo nyeritain mama gue. Ceritanya begini, rumah gue waktu jaman kuliah kemaren selalu dijadiin tempat ruang riung sama temen2. Entah itu rapat ato makan-makan. Naahh,, waktu itu kan ada acara ulang tahun gue,, gue undang temen2 makan2 di rumah. Segala makanan disediain dah buat tamu mah.

Eehh pas lagi pada makan, mereka itu kan ketawa2 tuh. Gue kirain ngetawain apaan, ternyata selidik punya selidik mereka lagi ngebahas piring yang mereka pake. Entah mengapa mereka tuh ngeeeehh aja ama tulisan “Dina” di “Bawah Piring”,, di bawah piring pemirsa.. yaappss,, itu lah mama gue, segala barang2nya dinamain nama anak2nya. Tapi karena gue anak kesatu,, mama dari jaman gue berojol selalu nulisin nama gue di barang2 miliknya. Contohnya ya kayak piring itu, nggak hanya itu aja sih. Disitu kan ada baskom lalaban yahh,, eehh di baskomnya juga ada nama gue,, gede lagi. Eehh di rantang yang buat cuci tangan juga ada nama gue pula. Aigooo,, terbahak-bahak lah mereka..

Cerita nggak hanya disitu aja,, awal mulanya mereka nggak ngeh kalo mama gue punya kebiasaan kayak gitu. Pas mabim di tahun pertama gue kuliah ceritanya tuh kan kita pada camping tuh ke puncak Jayagiri. Naahh kita mahasiswa baru disuruh bawa peralatan masak. Gue kebagian bawa panic nasi plus tutupnya. Pas udah selesai camping kan tuh semua barang pada kotor yahh,, apalagi tutup panci gue ampek penyok2. Niatnya sih mau gue buang aja nggak bakal gue bawa lagi, ehh temen satu kelompok gue bilang kalo “Din, nih tutup panci punya loe ketinggalan. Ada namanya nih segede bagong,, DINA.” Kata dia sambil cengengesan. Gubraagggg!! Malu dah malu guee,, akhirnya tuh tutup panci gue bawa balik lagi sampek ke rumah.

Ada lagi kisah saat ada acara liburan semester. Gue dan temen sekelas ngadain acara mancing plus ngeliwet di Balong Ikan gue, tempatnya sih gag jauh juga dari rumah. Nah, temen2 pada bawa peralatan masak dari rumah ke balong gue. Pas nyampek di balong kita langsung mancing-mancing. Yang cowok mancing yang cewek nyiapin masakan. Oia, gue jadi inget,, waktu itu ada temen sekelas juga yang cinlok. Ebusett,, pas datang mereka berdua pake baju kembaran,, warna PINK… Koko dan Feby lah yang saat itu jadi tren gosip di kelas. Kalo nggak salah jug ague masih nyimpen foto mereka berdua pas lagi mancing berdua.. tapi sayang mereka Cuma sekedar pedekate doank,, Feby nolak Koko. Sayang banget padahal mereka pasangan yang ideal,, sama2 tinggi sama2 pinter. Eeeiitsss,, kok gue malah melenceng dari topic pembicaraan yaahh??

Owkeh dah lanjut, saat semua masakan udah siap, ikan udah dibakar, ayam udah dibakar, liwet udah mateng, maka acara makan2 pun dimulai. Bukan gue namanya kalo nggak eksis dan foto2. Nggak disangka2 pas difoto mereka bawa segala macem peralatan yang bertuliskan nama gue. Gue baru ngeh pas liat hasilnya dan si Mangkis si tukang ngabodor pun langsung ngeh seketika.  “Tunggu brow tunggu, gimana kalo kita fotonya sambil bawa barang2 punya Dina. Yang ada namanya ya brooww.” Buset dahhh semuanya langsung ngakak,, secara yahh mereka langsung lihat barang2 disitu. Ada piring, baskom, kipas hihid, centong, pisau, dan segala barang lainnya yang bertuliskan nama gue. Omaygadddd,, bener2 dah ini mahh bikin malu gue laggii. Uddah gitu gue pede lagi upload foto2 di pesbuk. Pasti deh mama gue bakalan teringat terus di pikiran mereka. Kalo kalian tanya ke temen2 gue,, apa sih yang kalian inget dari mamanya Dina? Pasti mereka jawab : “Namain barang2 sama namanya DINA”.

Waktu itu pernah gue sama temen2 Naga Hitim lagi kumpul2 di rumah gue. Pas nggak ada lagi pembicaraan, eehh si Kombet celetuk aja bilang “apa sih din di rumah loe yang nggak dikasih nama?”. Hadeuuhh,, tertawa lah temen2 yang ada. Koko malah nambahin, “Pisau udah, kipas udah, piring udah, teko udah, hmm apalagi yah yang ada di daftar barang mama loe din?”. Yang lain malah nimpalin : “saking nggak mau kehilangan si Dina, itu mamahnya kasih nama Dina di barang2nya. Mungkin jidat loe juga perlu dikasih nama Din?”. Gue sahut aja,, “Udeh, gue patenin di akte kelahiran.” Yang lain langsung ngakak lagi.. entahlah, Cuma obrolon itu yang gue inget, tapi mereka ngobrolinnya lama banget. Mama ooohhh mamaaa.

Jadi lah gue cerita alias ngaduin ke mama tentang temen2 gue yang ngetawain kebiasaan mama. Eehh,, adek gue yang paling bontot nguping terus celetuk, “Yaudah ma, ganti aja sekarang namanya jadi Ogin. Bosen atuh jangan teh Dina mulu, nama dede nggak ada.” Gubraaagggg!! Ternyata ada yang lebih lebay dari mama gue. Segitunya si Ogin pengen dipajang namanya di barang2 milik mamaa??? Aigoooo.. dan sampek sekarang pun lebiasaan mama masih berlanjut. Mama yang pernah kehilangan payung gede di masjid jadi makin menggeliat kasih nama. Kata mama gini,, padahal itu payung udah dikasih nama “OGIN” di setiap sela2nya, tetep aja yah ada yang maling?? Ckckckck. Alhasil tau nggak apa yang terjadi?? Sekarang di payung yang gue sering bawa ke kantor tertera nama “Dina, Ana, Ogin”. Iiiyyuuuhhhhh,, mamaa oohh mamaaaa…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: