Archive for December 2nd, 2013

Pide Turki *Coba-coba Bikin*

yuhuuuuu,,,

Kali ini gue mau share lagi tentang experience gue waktu bikin Pide Turki. Asal muasal kenapa gue nyoba bikin Pide Turki adalah karena gue sama temen2 Garuda Generation mau bikin usaha di bidang makanan. Kita disuruh ketua geng si abang Wengweng cari resep makanan yang lagi populer, mudah dibuat, enak dimakan dan cepet laku. Semua orang itu *berlima (gue, kombet, koko, mangkis, termasuk weng2)* wajib cari resep makanan dan minuman untuk dipraktekin.

Setelah semingguan itu gue browsing2 tuh makanan enak, ketemu tuh yang namanya Pide Turki,, kayaknya gampang buatnya soalnya dulu gue juga pernah bikin pizza yang bahan bakunya hampir sama kayak Pide Turki. Rencananya hari minggu kemaren kita mau praktek masak, tapi berhubung temen2nya lagi pada sibuk *ada yang pacaran, ada pula yang sibuk cari duit* akhirnya cuma gue sendiri yang praktek masak. #iiuuhhhh

Gue sih pertama udah ngebayangin kalo Pide Turki gue bakalan lebi enak kayak di restoran,, tapi apa daya, Pide Turki di restoran emang lebih mantap. *ya iyalah dina,, secara restoran punya resep andalannya*. Gue bikin tuh roti Pide nya satu baskom sedeng, ternyata kebanyakan. Alhasil sisa adonannya itu gue bikin roti goreng deh,, roti gorengnya pun hampir mirip pastel. Pas setelah dioven, Pide Turki gue kenapa bentuknya malah mirip Pizza yaahh?? Aigoooo,, Mungkin gue gag berbakat kali yah bikin usaha di bidang makanan. (garuk2 tembok) *hoaaaaa… eh tapi meski bentuknya aneh kayak pizza yang gatot, tapi rasa Pidenya enak. Sumpeh gue ga boong.. *sueerrr..

Oia ini resep simple yang gue rangkum dari berbagai sumber di internet.. Oia, berhubung gue seneng banget sama sayur2an, jadi topingnya sayuran semua,,hehe.. Resep ini nih yang gue pake guys:

Bahan2 Roti:

  1. Tepung terigu 500gr
  2. Telur 2 butir
  3. Ragi instan 2 sdm
  4. Garam 2 sdt
  5. Lada putih 1 sdt
  6. Gula putih 1 sdm
  7. Minyak zaitun 2 sdm (kalian bisa ganti sama minya goreng)
  8. Air hangat secukupnya,, (soalnya gue ga bisa ngira2 ada berapa mili yang gue masukin)

Bahan Toping:

  1. Paprika (merah, kuning, ijo *kayak traffic light*)
  2. Bawang daun + bawang putih (oia, gue lupa ga beli bawang bombaynya.. sumpah kalo pake bawang Bombay bakalan lebih enak plus wangi)
  3. Jamur (gue ga tau jamur yang gue beli jenisnya apa, jamur kancing apa jamur kurap, haha)
  4. Wortel
  5. Sosis ayam
  6. Keju cheddar
  7. Saus cabe
  8. Lada putih, garam, merica, gula putih *sebenernya sih ini bahan yang ada di rumah aja* heuheu

Cara buat:

  1. Campur tepung terigu, garam, lada putih, gula putih, ragi instan.
  2. Masukkan air hangat secukupnya,, udah gitu masukin telur yang udah dikocok. Kalo adonan kalian masih lembek, bisa tambahin terigu,, tapi kalo adonan kalian terlalu keras, bisa tambahin air. Udah gitu masukin deh minyak goreng, campur adonan sampai kalis.
  3. Setelah kalis bentuk adonan jadi bulat, simpan di baskom sambil ditutup plastik.
  4. Diamkan adonan selama 1,5 – 2jam. Selama kalian nunggu adonan mengembang kalian bisa tumis semua bahan toping.
  5. Setelah mengembang langsung bikin adonan kecil2 buat bikin Pide kamu. Tambahkan bahan toping di atasnya. Oven selama kira-kira 20-25 menit. Jadi dehhh 😀

Selamat mencoba teman-teman 🙂

Image

Image

Image

Image

Chocolate Gift from Mr. Eric

Hullaaaaa,,,

Chocolate Week,, yihaaaaa,, senengnya deh seminggu ini dapet chocolate gift terus dari atasan. Apalagi dapetnya dari bos favorit. Setelah kemaren dapet coklat dari Mr. Yang, sekarang giliran Mr. Eric yang kasih coklat. Beliau 2 minggu di Korea dan balik lagi sambil bawa oleh2. Tadinya waktu pas pertama datang tuh kita mau nanyain Mr. Eric oleh2 buat kita mana,, tapi dia malah ga bawa apa2. Yang ada pas pertama datang beliau kasih surprise kalo dia makin gendut,, pipinya tembem banget,, lucu deh.. lebih lucunya lagi pas kita komen ke beliau kalo dia makin fresh,eehh dia malah bilang “Apa?? Gemuk ya? Gemuk ya?” lucu banget dia ngomong pake bahasa Indonesia.. aslinya kita langsung ketawa2 semua., hahaha 😀

Besoknya Pa Irawan selaku manajer kita bilang pas pagi2 : “Heraa!! Ini ada sesuatu yang kamu suka dari Mr. Eric” spontan deh kita semua yang ada di situ ngeledekin Bu Hera sama Mr. Eric,, ecieeeee… Mr. eric sih belaga ga tau dan cuek2 aja,, tapi kita thanks banget sama beliau,, ternyata dia masih perhatian ama kita.. tahu ga sih,, pas beliau mau berangkat ke Korea tuh kita pernah bilang,, “Mr. Eric,, please ya give us souvenir and chocolate” tapi beliau malah bilang .”Please, don’t do that to me”,, itu artinya dia gam au hal2 semacam begituan,,dan juga ga bakalan beliin sesuatu buat kita.. tapi pada akhirnya,, beliau beli juga coklat buat kita,, hahaiii,, asiikk asiiikkk.. ini dia coklat pemberian Mr. Eric.. “6 kotak coklat plus permen ginseng*

Image

Image

Image

Image