Contoh Replik Pidana (Hasil Tugas Kuliah)

buad temen-temen sesama mahasiswa fakultas hukum ataupun orang awam yang ingin tahu mengenai rekes2 persidangan,, dina kasih contoh2nya ne disini,,
tapi maap ya kalo agak2 rancu ato penulisannya ada yang salah,,hehe,,maklum,,dina sekedar share ajja ttg tugas2 kuliah selama ini ^^
*semoga bermanfaat* ^^

KEJAKSAAN NEGERI SUBANG
——————————————–
“UNTUK KEADILAN”

REPLIK JAKSA PENUNTUT UMUM
ATAS PEMBELAAN PENASIHAT HUKUM
TERDAKWA SALEWAT
————————————————————

Sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Subang Yth.
Saudara Penasihat Hukum Yth.
Sebelumnya marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat dan rahmatNya pada kita semua, sehingga dapat bertemu di ruang siding yang mulia ini dalam keadaan sehat walafiat.
Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih pada siding majelis hakim Pengadilan Negeri Subang yang memeriksa dan mengadili perkara ini, yang telah memberikan kesempatan kepada kami, Jaksa Penuntut Umum dalam perkara ini, untuk mengajukan tanggapan atas pembelaan saudara penasehat hukum terdakwa Salewat yang dihadapkan ke depan persidangan ini dengan dakwaan melakukan tindak pidana sebagai mana diatur dalam Pasal 285 KUHP.
Setelah kami mempelajari dan mencermati pembelaan saudara penasehat hukum terdakwa Salewat, maka kami akan mengajukan tanggapan sebagai berikut:
1. Bahwa Jaksa Penuntut Umum tidak sependapat dengan saudara Penasihat Hukum yang dalam pembelaannya menyatakan bahwa Surat Dakwaan yang dibuat oleh Jaksa Penuntut Umum adalah tidak jelas dan kabur (Obscuur Libel). Kata yang tidak jelas dan kabur yang dimaksud Penasihat Hukum adalah dipergunakannya kata Kira-kira dan atau setidak-tidaknya dalam menentukan Locus dan tempus delicti.
2. Tampaknya Saudara Penasihat Hukum memandang bahwa kata atau setidak-tidaknya yang ditulis dalam surat dakwaan memberikan kesan ragu-ragu kepada Jaksa Penuntut Umum dalam memberikan keterangan. Padahal maksud dari kata atau setidak-tidaknya adalah memberikan arti yang luas namun tetap pada fakta yang terjadi yaitu pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2011 sekitar jam 20.00 wib. Kata atau setidak-tidaknya dalam kalimat “atau setidak-tidaknya pada waktu lain tetapi masih dalam bulan Maret 2011” adalah dimaksudkan agar keterangan waktu yang dituliskan dalam surat dakwaan tidak melenceng jauh dari perkiraan waktu pada saat terjadinya tindak pidana yang masih dalam kurun waktu bulan Maret 2011. Hal ini dimaksudkan supaya terdakwa tidak bisa lepas begitu saja dari dakwaan hanya karena Jaksa Penuntut Umum tidak tepat dalam menuliskan waktu kejadian sehingga diperlukan kata atau setidak-tidaknya dalam tempus delicti.
3. Bahwa kata setidak-tidaknya yang kedua dalam kalimat “di desa Ciater, Subang, setidak-tidaknya pada tempat lain tetapi masih dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Subang” adalah dimaksudkan agar keterangan tempat yang dituliskan dalam surat dakwaan tidak melenceng jauh dari tempat terjadinya tindak pidana yang masih berada dalam lingkup desa Ciater kabupaten Subang. Hal ini juga dimaksudkan supaya terdakwa tidak bisa lepas begitu saja dari dakwaan hanya karena Jaksa Penuntut Umum tidak tepat dalam menuliskan waktu kejadian sehingga diperlukan kata setidak-tidaknya dalam locus delicti.

Majelis Hakim yang terhormat,
Saudara Penasihat Hukum yang terhormat,

Berdasarkan pada hal-hal yang telah kami uraikan di atas, maka kami selaku Jaksa Penuntut Umum dalam perkara ini berkesimpulan dan berpendapat bahwa penggunaan kata setidak-tidaknya dalam surat dakwaan adalah sudah tepat dan merupakan hal yang lazim dalam menerapkan kata setidak-tidaknya untuk memperkirakan waktu dan tempat terjadinya tindak pidana. Bahwa dengan demikian kami menyatakan tetap pada tuntutan pidana sebagaimana telah kami bacakan pada sidang tanggal 27 Maret 2012. Akhirnya, pertimbangan selanjutnya kami serahkan sepenuhnya kepada Sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Subang yang memeriksa dan mengadili perkara ini.

Subang, 10 April 2012,

JAKSA PENUNTUT UMUM,

KRIS PANJI ISMAYA, S.H.
JAKSA MUDA/NIP.256758903

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: